Menikmati Keindahan Danau Toba Bekas Letusan Dasyat Dari Gunung Toba

Danau Toba @konsortium

Yuk.. rencanakan liburan Anda bersama teman, sahabat, pacar atau keluarga Anda Ke Danau Toba. Danau Legendaris dan Danau terbesar di Indonesia. Nama Danau Toba begitu sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Berwisata ke Danau Toba di jamin membuat liburan Anda semakin bermakna.

Danau Toba terbentuk dari letusan gunung toba yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Letusan ini merupakan letusan gunung berapi terbesar yang pernah terjadi dalam kurun waktu 25 juta tahun terakhir. Letusan ini juga berpengaruh pada iklim dunia secara global. Debu erupsi gunung toba tersebar hingga ke kutub utara. Faktanya, ada molekul abu vulkanik yang sama dengan molekul abu vulkanik yang di gunung toba sebanyak 2100 titik.

Namun masyarakat sekitar memiliki kisah tersendiri tentang pembentukan danau terbesar di Asia Tenggara ini. Menurut legenda yang tersebar danau ini terbentuk dari kisah keluarga siluman ikan. Konon seorang pemuda sedang mencari ikan dan ia mendapat seekor ikan yang tidak biasa. Ikan tersebut berubah menjadi seorang wanita cantik. Sang wanita itu mau dinikahi sang pemuda dengan syarat tidak pernah mengungkit asal-usul wanita tersebut.

Danau Toba @medancity

Akhirnya mereka berdua menikah dan dikaruniai seorang putera yang diberi nama Samosir. Pada suatu hari Samosir diutus ibunya mengantar makanan kepada ayahnya yang sedang ada di ladang. Namun di tengah jalan Samosir memakan sendiri bekal makanan tersebut. Ayahnya yang sudah lama menunggu kiriman makanan yang tak kunjung datang memutuskan untuk pulang.

Namun di tengah jalan sang ayah melihat bekas makanan yang dihabiskan oleh anaknya. Sang ayah marah besar dan tanpa sengaja menyebut bahwa anaknya tersebut adalah anak seekor ikan. Seketika hujan turun dengan derasnya dan membentuk sebuah danau yang sekarang dikenal dengan sebutan danau toba dan pulau ditengahnya bernama pulau samosir.

Wisata danau toba menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan dengan pulau samosir yang terletak di tengahnya. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini seperti berenang, naik perahu layar, mendaki gunung, dsb.

Lokasi Wisata Danau Toba
Letak Danau Toba ini berad di 7 Kabupaten yang mengelilinya. Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Kabupaten Samosirm dan Kabupaten Dairi.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon