Menariknya Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang, Lo Tham Muk

Buaya Buntung @banyumurti



Anda penyuka fauna?. Ingin berwisata untuk melihat penangkaran satwa khususnya hewan melata seperti buaya?. Anda bisa menghabiskan waktu liburan Anda di Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang karena tempat ini sangat cocok buat Anda dan keluarga Anda berlibur.

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini merupakan sebuah tempat  wisata yang dibuka sejak 56 tahun yang lalu. Hingga saat ini kondisi dari penangkaran ini pun masih sangat sederhana. Walaupun demikian, tempat ini banyak sekali didatangi oleh wisatawan dari berbagai wilayah dan negara. Taman penangkaran yang didirikan oleh Lo Tham Muk ini pada umumnya akan ramai pengunjung padai akhir pekan maupun saat musim liburan sekolah.

Di dalam penangkaran ini terdapat banyak sekali hewan buaya yang dalam setiap baknya dihuni oleh sekitar 10 buaya yang disesuaikan dengan umur masing-masing buaya. Disini Anda akan dengan bebas melihat buaya-buaya yang diletakkan di dalam bak, namun Anda perlu waspada dan jangan terlalu dekat, pasalnya buaya-buaya disini sekilas seperti sebuah patung reptil yang mati dengan mata dan mulut yang tidak bergerak. Namun Anda jangan berani-berani mendekat ataupun melemparkan makanan, kerena bisa saja buaya-buaya tersebut akan bergerak dan menyambar Anda dengan sangat cepat.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang @nancysilitonga

Buaya yang menjadi favorit para pengunjung adalah tiga buaya buntung. Usia buaya yang ada id penangkaran ini umumnya sudah berusia 42 tahun.Biasanya para pengunjung akan membeli seekor itik atau ayam yang dijual penjaga penangkaran saharga Rp 35.000 kemudian dilemparkan ke dalam kolam rawa berwarna hijau lumut untuk melihat aksi buaya tersebut.

Ya, meskipun Taman Penangkaran Buaya Asam ini sangatlah luas dan terdiri dari ribuan buaya yang ganas, serta sering diliput oleh berbagai media, namun pengelolaannya masih dengan cara-cara yang sangat sederhana yaitu dalam ikatan kekerabatan dan kekeluargaan. Akan tetapi hal inilah yang menjadikan taman penangkaran ini begitu luar biasa dan dapat bertahan hingga saat ini.

Lokasi Wisata Taman Penangkaran Buaya Asam
Lokasi Taman Penangkaran  Buaya Asam ini berada di Jalan Bunga Raya 2 No. 54, Sunggal, Medan, Daerah Asam Kumbang, Sumatera Utara.

Untuk dapat mencapai Taman Penangkaran Buaya Asam ini, aksesnya sangat mudah untuk dijangkau, harga tiketnya pun sangat murah yakni Rp 6000 per orang. Taman penangkaran ini dibuka mulai pukul 09.00 sampai 18.00. Untuk waktu pemberian makan buaya akan dilakukan sekitar jam 5 sore, saat-saat inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung untuk melihat aksi para buaya berebut makanan.

Fasilitas-fasilitas pelengkap yang disediakan untuk para pengunjung seperti kedai –kedai yang menjual makanan ringan, minuman dan aksesoris-aksesoris bermotif buaya. Serta pada dinding-dindingnya dihiasi dengan hiasan, kliping, dan pigura foto-foto liputan media tentang Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini. Maka dari  itu, tempat ini menjadi pilihan yang sangat pas dan cocok  untuk liburan Anda bersama keluarga tercinta.


Tag # danau toba, destinasi wisata sumatera utara, wisata sumut, wisata di medan, wisata hits medan, spot foto menarik di medan, spot instagramable di medan, wisata keren di sumut, wisata alam di sumaetra utara, wisata air terjun di medan, wisata pantai di sumut, wisata malam, sunset di medan, sunrise di medan, pulau samosir, paket wisata sumut, rekomendasi wisata di medan, simarjungjung, wisata brastagi, pulau mursala, tempat romantis di medan, rental motor medan, sewa motor medan, eksotis sumut, wisata populer di sumatera utara, tempat wisata di sumut, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di sumut, wisata terbaru dimedan, wisata kece di medan, visit medan, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong medan, eksplore sumut, traveling ke medan, berlibur ke medan, tamasya ke sumut, wisata keluarga, wisata unik di medan, liburan ke medan, wisata air terjun sipiso-piso.


Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon