Resep Dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas

Gulai Ikan Mas @aktual

Gulai ikan mas dengan kuah santan adalah salah satu lauk favorit masakan khas dari Tapanuli. Masakan ini sudah melegenda di daerah Tapanuli sama halnya seperti daun ubi tumbuk dan sambal tuk-tuk. Gulai ikan mas ini biasanya sering dihidangkan pada acara acara tertentu, seperti acara keluarga, acara adat, acara keagamaan dan lain-lain. Bahan yang digunakan berupa bahan-bahan yang sangat mudah di temui.

Konsumsi ikan mas di daerah Tapanuli tergolong tinggi, karena masayarakatnya yang sangat senang dengan gulai ikan mas. Bahan dan bumbu rempah yang dipadukan tentunya harus sesuai dengan takarannya. Hal ini akan berdampak pada kekayaan rasa dari gulai itu sendiri. Santan yang digunakan sebagai bahan untuk kuah juga harus kental agar lebih terasa enak. 

Rempah-rempah dan bumbu dapur yang digunakan antara lain jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun serai, cabai, asam kandis, daun salam, garam dan penyedap rasa Penggunaan asam kandis salah satu point penting untuk menambah citra rasa pada gulai ikan mas ini. Masyarakat tapanuli kadang mengganti asam kandis dengan asam belimbing, atau tomat. 

Gulai ikan mas banyak ditemui di daerah Sumatera. Gulai ikan mas ini sangat recommended untuk dijadikan lauk pada acara-acara besar, seperti acara nikahan, acara adat, acara ulang tahun, acara arisan, ataupun acara keluarga. Gulai ikan mas yang sudah matang ini dengan bumbu khas sumatera dijamin enak. 

Bagi pencinta kuliner sangat direkomendasikan untuk mencoba  masakan yang satu ini. Bagi ibu-ibu yang dirumah juga hukumnya wajib untuk mencoba memasak gulai ikan mas ini. Caranya gampang dan bahan dan bumbu yang digunakan juga relative mudah di temui di pasar-pasar. Dan tentunya harganya tidak terlalu mahal.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon