Resep Dan Cara Membuat Sambal Tuk-tuk, Makanan Kahs Batak

Sambal Tuk-tuk @makanan medan

Sambal tuk tuk (tuk-tuk artinya tumbuk) merupakan sejenis sambal terasi khas batak dengan campuran sambal dan ikan asin. Biasanya ikan asin yang digunakan dalam paduan ini adalah ikan gadapang, ikan aso-aso dan teri (sejenis ikan asin).

Sambal tuk-tuk sebenarnya hampir sama dengan sambal-sambal terasi lainnya, yang -membedakannya adalah rempah yang digunakan. Sambal tuk-tuk khas batak khususnya dari tapanuli ini biasanya menggunakan andaliman sebagai rempah andalan penguat rasa. Andaliman ini dikenal sebagai merica batak yang memberi cita rasa yang unik.

Penggunaan andaliman pada sambal tuk-tuk yang membuat rasa sambal ini sangat unik dan kaya rasa. Andaliman ini agak jarang ditemui dan harganya yang relative mahal. Sehingga penggunaan rempah ini pada sambal tuk-tuk sudah sangat jarang digunakan. Biasanya digunakan jeruk nipis sebagai penggantinya. 

Sambal Tuk-tuk @masakandapurku

Sajian sambal tuk-tuk biasanya didampingi dengan sayur daun ubi tumbuk. Sambal tuk-tuk ini adalah sambal yang sangat favorit dan nikmat di daerah tapanuli. Sambal tuk-tuk diklaim sebagai sambal yang sangat melegendaris dan turun temurun sama halnya seperti daun ubi tumbuk. 

Sambal tuk-tuk dengan daun ubi tumbuk merupakan satu kesatuan lauk dan sayur yang wajib ada dan saling berdampingan agar terasa nikmat. Dimana ada ubi tumbuk disitu ada sambal tuk-tuk. 

Cara pembuatan sambal tuk-tuk sangat mudah. Ikan asin yang digunakan seperti (ikan aso-aso, teri, atau gadapang) dibakar, ataupun digoreng terlebih dahulu sebelum ditumbuk. Ikan asin yang ditumbuk jangan sampai halus. 

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon