Pesona Wisata Alam Kebun Teh Sidamanik di Pematang Siantar

Kebun Teh Sidamanik @siadamaniksedunia

Kebun Teh Sidamanik adalah sebuah tempat dengan hamparan daun teh yang menawarkan pemandangan alam yang indah serta udaranya yang sejuk sering kali menjadi alasan wisatawan untuk datang ke tempat ini dengan dalih berjalan-jalan santai sambil merasakan kesejukan dataran tinggi di Pematang Siantar.

Perkebunan teh ini bukanlah tempat wisata melainkan kebun teh milik PTPN IV yang sebenarnya bernama Kebun Teh Bah Butong, hanya saja karena terletak di Kecamatan Sidamanik maka orang-orang menyebutnya dengan Kebun Teh Sidamanik. Namun karena keindahan panorama dan hijaunya teh telah mampu menarik para wisatawan untuk untuk berkunjung kemari.

Bila Anda berwisata ke tempat ini, Anda juga bisa berkesempatan untuk melihat warga-warga sekitar memotong daun teh saat teh panen. Teh yang dihasilkan pun sangat berkualitas bahkan telah di ekspor ke berbagai negara seperti, Mesir, Iran, Irak, Syria, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Paris, Inggris, Malaysia, dan Singapura.

Kebun Teh Sidamanik @jalanjalan_coy

Perkebunan teh ini telah ada semenjak Belanda menjajah Indonesia dan termasuk kebun teh tertua yang ada di Pulau Sumatera. Kebun Teh Sidamanik ini juga menjadi penghasil teh hitam terbesar kedua di Indonesia. Selain itu, Kebun Teh Sidamanik ini juga sering dijadikan lokasi study tour dan field trip. Kebanyakan kampus yang biasa melakukan kegiatan tersebut adalah kampus-kampus dari daerah Medan, seperti Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Sumatera Utara (USU) dan kampus-kampus lainnya.

Mungkin tempat ini tidak setenar  tempat wisata lain yang ada di Sumatera Utara seperti Danau Toba dan Pulau Samosir, namun tempat ini sudah cukup banyak dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan. Infrastruktur menuju lokasi wisata ini pun cukup bagus dan mudah untuk dijangkau.

Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Bila Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih menantang, desediakan pula jalur off road yang bisa menguji adrenalin Anda dalam mencapai tempat ini.

Lokasi Wisata Kebun Teh Sidamanik
Kebun Teh Sidamanik ini berada di Kecamatan Sidamanik dengan jarak 26 kilometer dari pusat Kota Pematang Siantar. Bila Anda melakukan perjalanan dari Kota Medan akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam karena memang jaraknya yang cukup jauh yaitu kurang lebih 155 kilometer.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon