Menikmati Eksotisme Air Terjun Pulau Mursala Yang Langsung Jatuh Ke Laut

Air Terjun Pulau Mursala @adi_spoetra

Anda penikmat wisata air terjun?. Rencanakan liburan Anda ke Air Terjun Pulau Mursala. Karena keindahan air terjun yang ciamik akan membuat liburan Anda terasa bermakna.

Air Terjun Mursala ini merupakan salah satu destinasi wisata yang keindahan alamnya belum banyak dikenal oleh wisatawan. Pulau ini masih sangat terpelihara keasriannya. Tidak ada perahu umum yang berlabuh ke pulau ini. Karena pulau ini memang dihuni oleh beberapa nelayan.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana Air Terjun Pulau Mursala ini terbentuk? Bagaimana prosesnya? Dan seperti apa asal-usulnya?

Air Terjun Pulau Mursala @journeysumut

Menurut sejarah, Air Terjun Mursala ini berasal dari luberan danau kecil yang terbentuk dari cekungan  yang menampung air hujan dan air tanah dari hutan di sekitaran pulau ini. Menurut mitos, danau ini dulunya merupakan tempat bermain Putri Runduk yang cantik jelita. Dia adalah permaisuri Raja Jaya Dana penguasa kerajaan Barus Raya pada abad ke-7. Konon, suatu hari Raja Jaya dana kalah perang, dan Putri Runduk harus mau dinikahi oleh Raja Mataram.

Namun Ratu Runduk menolak untuk dinikahi dan ia pun melarikan diri ke Pulau Mursala. Konon katanya, Air Terjun Mursala inilah yang menjadi tempat mandi dan tempat bermain Ratu Runduk. Sayangnya ia berhasil ditemukan oleh Raja Janggi dari Sudan yang terus menerus memaksa untuk menikahinya. Ratu Runduk tetap bersikeras untuk menolak dan ia lebih memilih meloncat ke air terjun Mursala dan tidak pernah ditemukan lagi.

Air Terjun Pulau Mursala @GoTravelly

Air Terjun Pulau Mursala  berada di bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Air terjun ini adalah air terjun yang bersumber dari sungai di Pulau Mursala yang memiliki panjang 700 meter. Dan sungai ini merupakan salah satu sungai terpendek di Indonesia. Aliran air sungai ini langsung mengalir ke laut melewati tebing batu granit kemerahan di pinggir pulau. Ketinggian tebingnya sekitar 35 meter. Volume air tejun ini akan lebih besar lagi pada saat musim penghujan.

Lokasi Air Terjun Mursala
Air terjun Mursala terletak di salah satu tebing terjal Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Pulau Mursala sendiri terletak di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias.

Untuk menuju ke Air Terjun Mursala ini, Anda dapat menyewa perahu mesin dari Pantai Kahona di Kota Pandan, Ibukota Tapanuli Tengah dan dapat ditempuh sekitar 2 jam lamanya. Untuk biaya sewa perahunya sendiri Anda akan dikenai biaya sebesar 1,3 juta. Selain itu, Anda juga dapat melalui jalur penerbangan dari Kota Medan ke Bandara Tobing Pinangsori Sibolga  dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di air terjun ini masih terbatas dan relative mahal. Belum ada penginapan yang tersedia karena memang yang tinggal disini hanya ada sekitar 60 kepala keluarga. Meski demikian, tempat ini merupakan salah satu wisata yang wajib Anda kunjungi karena alamnya yang masih asli dan tempat ini pula pernah menjadi salah satu daya tarik sutradara  film Hollywood untuk dijadikan sebagai lokasi pembuatan filmnya.

Tag # danau toba, destinasi wisata sumatera utara, wisata sumut, wisata di medan, wisata hits medan, spot foto menarik di medan, spot instagramable di medan, wisata keren di sumut, wisata alam di sumaetra utara, wisata air terjun di medan, wisata pantai di sumut, wisata malam, sunset di medan, sunrise di medan, pulau samosir, paket wisata sumut, rekomendasi wisata di medan, simarjungjung, wisata brastagi, pulau mursala, tempat romantis di medan, rental motor medan, sewa motor medan, eksotis sumut, wisata populer di sumatera utara, tempat wisata di sumut, wisata bukit, wisata gunung, wisata budaya, wisata kuliner di sumut, wisata terbaru dimedan, wisata kece di medan, visit medan, tempat wisata terbaru, tempat nongkrong medan, eksplore sumut, traveling ke medan, berlibur ke medan, tamasya ke sumut, wisata keluarga, wisata unik di medan, liburan ke medan, wisata air terjun sipiso-piso.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon